GARIS DAN SUDUT (1)

 GARIS DAN SUDUT (1)


I. GARIS

A.     HUBUNGAN ANTARA TITIK, GARIS, DAN BIDANG

Dalam ilmu Geometri ( Matematika) terdapat istilah yang tidak memiliki definisi, antara lain, titik, garis, dan sudut. Perhatikan gb berikut ini.


Ø  Titik hanya dapat ditentukan letaknya, tapi tidak punya ukuran panjang dan lebar. Titik digambarkan dengan tanda noktah, dan dinotasikan /diberi nama dengan huruf kapital, misalkan titik A, titik B, titik P, dan sebagainya

Ø  Garis ditunjukkan oleh suatu garis lurus dengan dua anak panah di setiap ujungnya. Dinotasikan dengan huruf kecil, misalkan garis k, garis l, garis m, dan sebagainya.

Ø  Bidang datar merupakan daerah yang panjang dan lebarnya tak terbatas.

 

Hubungan Titik dan Garis , dapat terjadi dalam dua kondisi, yaitu :

a.      Titik terletak pada garis

b.      Titik terletak di luar garis



Hubungan Titik dan Bidang , dapat terjadi dalam dua kondisi, yaitu :



Hubungan antara Garis dan Bidang , dapat terjadi dalam 3 kondisi, yaitu :



B.     KEDUDUKAN DUA GARIS 

Materi ini akan bermanfaat dalam mempelajari materi segiempat dan segitiga pada bab selanjutnya. Untuk memahami tentang kedudukan dua garis, perhatikan tabel berikut.

        

  

   

  Dari tabel di atas, dapat disimpulkan bahwa jika terdapat dua buah garis pada suatu bidang, maka kedudukan dua garis tersebut yang mungkin adalah :

1.       Kedua garis sejajar

2.       Kedua garis berimpit

3.       Kedua garis berpotongan

4.       Kedua garis berpotongan tegak lurus

Sifat –sifat garis saling sejajar pada suatu bidang :



Agar lebih jelas perhatikan contoh soal berikut ini :

1. 

Sebutlah pasangan  garis yang saling sejajar

2. 


    Jawab .


1.       Garis yg saling sejajar :

Garis  p sejajar dengan m (p//m),

Garis  q sejajar dengan s (q//s )

 

2.       garis  AB sejajar dengan DE (AB //DE),

garis  AC sejajar  dengan DF (AC //DF),

garis  BC sejajar  dengan EF  (BC //EF),

garis  CF sejajar  dengan AD (CF//AD),

garis  CF sejajar  dengan BE  (CF//BE),

garis  AD sejajar  dengan BE (AD//BE)


Demikian anak-anak, semoga kalian paham. Jika ada yang belum jelas boleh belajar dari sumber belajar lain atau bertanya melalui grup atau wapri.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ARITMETIKA 3 : BUNGA TUNGGAL, BRUTO, NETO, DAN TARA

BAB 1 BILANGAN BERPANGKAT

BAB 1 : BENTUK AKAR (Pertemuan ke-2)