JURNAL REFLEKSI GURU KE-3
JURNAL REFLEKSI GURU KE-3
SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2022/2023
Nama Sekolah : SMP Negeri 1 Belik
Mata Pelajaran : Matematika
Nama Guru : Suci Puspitawati, S.Pd
Kelas : VIII F
Hari/Tanggal : Sabtu, 28 Januari 2023
Pertemuan ke : 12
Kompetensi Dasar : 3.7
Materi Pokok : Lingkaran
Isi:
1. Jenis kegiatan belajar yang telah berlangsung (yang dilaksanakan para peserta didik)
Pada pertemuan terakhir saya mengadakan kuis.
2. Kejadian-kejadian penting selama kegiatan pembelajaran
Siswa mematuhi peraturan pengerjaan kuis.
3. Peran yang saya lakukan dalam proses pembelajaran
Sebagai fasilitator.
4. Hal-hal positif (keberhasilan) yang telah saya capai dalam proses pembelajaran.
Banyak siswa yang antusias dalam mengerjakan soal yang telah diberikan.
5. Kualitas pembelajaran yang telah berlangsung
Dalam pengerjaan soal banyak siswa yang belum mengerti sehingga mengakibatkan tidak kondusifnya kelas.
6. Capaian siswa (dibandingkan dengan tujuan pembelajaran yang ditargetkan tercapai setelah mengikuti pembelajaran)
Siswa mampu menyelesaikan soal yang diberikan.
7. Hal positif yang saya rasakan tentang proses pembelajaran
Lebih mencoba sabar lagi dalam menerangkan materi sehingga tujuan pembelajaran bisa tercapai.
8. Hal negatif yang saya rasakan tentang proses pembelajaran
Siswa masih banyak yang belum paham dengan materi.
9. Materi/kemampuan yang saya rasakan sulit untuk mentransfer (membelajarkannya) pada peserta didik
Materi telah tersampaikan tetapi siswa belum memahami dengan baik, sehingga saya memberikan handout yang berisi contoh soal dan pembahasan lengkap.
10. Hal-hal yang seharusnya saya lakukan
Lebih sabar dalam menghadapi siswa
11. Hal-hal yang akan saya lakukan pada pertemuan pembelajaran berikutnya
Saya harus belajar lebih sabar lagi dalam menghadapi siswa dan lebih mempersiapkan metode pembelajaran yang paling sesuai dengan karakter siswa.
12. Hasil utama (kesimpulan) yang saya peroleh dari refleksi ini
Kemampuan tiap siswa berbeda-beda, sehingga tingkat kecepatan dalam memahami materi pun juga berbeda. Jadi, apabila ada siswa yang bertanya berulang kali guru harus sabar pula dalam menjelaskan pada siswa.
Komentar
Posting Komentar