JURNAL REFLEKSI GURU KE-3

 JURNAL REFLEKSI GURU KE-3

SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2022/2023


Nama Sekolah        : SMP Negeri 1 Belik

Mata Pelajaran       : Matematika

Nama Guru            : Suci Puspitawati, S.Pd

 

Kelas                      : VIII F

Hari/Tanggal          : Sabtu, 28 Januari 2023

Pertemuan ke         : 12


Kompetensi Dasar : 3.7

Materi Pokok         : Lingkaran

Isi:

1. Jenis kegiatan belajar yang telah berlangsung (yang dilaksanakan para peserta didik)

Pada pertemuan terakhir saya mengadakan kuis.

2. Kejadian-kejadian penting selama kegiatan pembelajaran

Siswa mematuhi peraturan pengerjaan kuis.

3. Peran yang saya lakukan dalam proses pembelajaran

Sebagai fasilitator.

4. Hal-hal positif (keberhasilan) yang telah saya capai dalam proses pembelajaran.

Banyak siswa yang antusias dalam mengerjakan soal yang telah diberikan.

5. Kualitas pembelajaran yang telah berlangsung

Dalam pengerjaan soal banyak siswa yang belum mengerti sehingga mengakibatkan tidak kondusifnya kelas.

6. Capaian siswa (dibandingkan dengan tujuan pembelajaran yang ditargetkan tercapai setelah mengikuti pembelajaran)

Siswa mampu menyelesaikan soal yang diberikan.

7. Hal positif yang saya rasakan tentang proses pembelajaran

Lebih mencoba sabar lagi dalam menerangkan materi sehingga tujuan pembelajaran bisa tercapai.

8. Hal negatif yang saya rasakan tentang proses pembelajaran

Siswa masih banyak yang belum paham dengan materi.

9. Materi/kemampuan yang saya rasakan sulit untuk mentransfer (membelajarkannya) pada peserta didik

Materi telah tersampaikan tetapi siswa belum memahami dengan baik, sehingga saya memberikan handout yang berisi contoh soal dan pembahasan lengkap.

10. Hal-hal yang seharusnya saya lakukan

Lebih sabar dalam menghadapi siswa

11. Hal-hal yang akan saya lakukan pada pertemuan pembelajaran berikutnya

Saya harus belajar lebih sabar lagi dalam menghadapi siswa dan lebih mempersiapkan metode pembelajaran yang paling sesuai dengan karakter siswa.

12. Hasil utama (kesimpulan) yang saya peroleh dari refleksi ini

Kemampuan tiap siswa berbeda-beda, sehingga tingkat kecepatan dalam memahami materi pun juga berbeda. Jadi, apabila ada siswa yang bertanya berulang kali guru harus sabar pula dalam menjelaskan pada siswa.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

ARITMETIKA 3 : BUNGA TUNGGAL, BRUTO, NETO, DAN TARA

SEGITIGA (2) GARIS-GARIS ISTIMEWA PADA SEGITIGA

GARIS DAN SUDUT (1)