JURNAL REFLEKSI GURU KE-4

 JURNAL REFLEKSI GURU KE-4

SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2022/2023


Nama Sekolah        : SMP Negeri 1 Belik

Mata Pelajaran       : Matematika

Nama Guru            : Suci Puspitawati, S.Pd

 

Kelas                      : VIII F

Hari/Tanggal          : Sabtu, 4 Februari 2023

Pertemuan ke         : 15


Kompetensi Dasar : 3.8

Materi Pokok         : Garis Singgung Lingkaran

Isi:

1. Jenis kegiatan belajar yang telah berlangsung (yang dilaksanakan para peserta didik)

Diskusi kelompok terkait Garis Singgung Lingkaran yang telah disediakan didalam modul, setelah itu dari 1 kelompok mempresentasikan hasil diskusi.

2. Kejadian-kejadian penting selama kegiatan pembelajaran

Banyak siswa bertanya terkait materi kepada guru.

3. Peran yang saya lakukan dalam proses pembelajaran

Sebagai pengajar serta menjawab pertanyaan dari siswa.

4. Hal-hal positif (keberhasilan) yang telah saya capai dalam proses pembelajaran

Mampu membimbing siswa dalam memahami materi.

5. Kualitas pembelajaran yang telah berlangsung

Pembelajaran berjalan secara kondusif, akan tetapi ada beberapa siswa yang belum mengerjakan dikarenakan belum terlalu memahami sehingga perlu dituntun dalam memahami materi.

6. Capaian siswa (dibandingkan dengan tujuan pembelajaran yang ditargetkan tercapai setelah mengikuti pembelajaran)

Belum ada capaian, karena siswa masih sulit memahami sendiri terkait modul yang telah diberikan.

7. Hal positif yang saya rasakan tentang proses pembelajaran

Yang saya rasakan saat pertama kali mengajar, siswa mematuhi perintah yang saya intrupsikan seperti pembuatan kelompok kecil untuk diadakannya diskusi.

8. Hal negatif yang saya rasakan tentang proses pembelajaran

Saya tidak bisa menguasai kelas, ada seorang siswa yang tertidur di dalam kelas, saya kurang bisa mengelola waktu dengan baik sehingga banyak waktu terbuang sia-sia.

9. Materi/kemampuan yang saya rasakan sulit untuk mentransfer (membelajarkannya) pada peserta didik

Saya masih sulit dalam mengajarkan materi kepada siswa, sehingga masih banyak siswa yang belum paham dengan materi bahasan.

10. Hal-hal yang seharusnya saya lakukan

Tidak gugup dalam mengajar dan jangan terlalu menurut kemauan siswa.

11. Hal-hal yang akan saya lakukan pada pertemuan pembelajaran berikutnya

Menghilangkan rasa gugup dengan lebih mempersiapkan diri pada materi yang akan diajarkan dan lebih matang lagi dalam mengelola waktu.

12. Hasil utama (kesimpulan) yang saya peroleh dari refleksi ini

Mempersiapkan diri sebelum mengajar serta mempersiapkan materi yang akan diajarkan dan lebih berani dalam menegur siswa jika dia melakukan prilaku/sikap yang kurang baik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ARITMETIKA 3 : BUNGA TUNGGAL, BRUTO, NETO, DAN TARA

SEGITIGA (2) GARIS-GARIS ISTIMEWA PADA SEGITIGA

GARIS DAN SUDUT (1)