JURNAL REFLEKSI GURU KE-5

JURNAL REFLEKSI GURU KE-5

SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2022/2023


Nama Sekolah        : SMP Negeri 1 Belik

Mata Pelajaran       : Matematika

Nama Guru            : Suci Puspitawati, S.Pd

 

Kelas                      : VIII F

Hari/Tanggal          : Sabtu, 11 Februari 2023

Pertemuan ke         : 18


Kompetensi Dasar : 3.8

Materi Pokok         : Garis Singgung Lingkaran

Isi:

1. Jenis kegiatan belajar yang telah berlangsung (yang dilaksanakan para peserta didik)

Kegiatan belajar mengajar dengan ceramah.

2. Kejadian-kejadian penting selama kegiatan pembelajaran

Rasa gugup saya dalam mengajar sudah mulai hilang.

3. Peran yang saya lakukan dalam proses pembelajaran

Sebagai pengajar serta menjawab pertanyaan dari siswa.

4. Hal-hal positif (keberhasilan) yang telah saya capai dalam proses pembelajaran

Mampu membimbing siswa dalam menyelesaikan soal-soal terkait Garis Singgung Lingkaran

5. Kualitas pembelajaran yang telah berlangsung

Ada beberapa siswa yang tidak memperhatikan.

6. Capaian siswa (dibandingkan dengan tujuan pembelajaran yang ditargetkan tercapai setelah mengikuti pembelajaran)

Siswa mampu membuat tabel dan model matematika dari masalah Garis Singgung Lingkaran

7. Hal positif yang saya rasakan tentang proses pembelajaran

Siswa mulai aktif dalam proses pembelajaran dibanding pertemuan sebelumnya.

8. Hal negatif yang saya rasakan tentang proses pembelajaran

Ketika saya menjelaskan ada beberapa siswa yang tidak memperhatikan, hal itu mengakibatkan siswa tersebut kesulitan dalam mengerjakan soal.

9. Materi/kemampuan yang saya rasakan sulit untuk mentransfer (membelajarkannya) pada peserta didik

10. Hal-hal yang seharusnya saya lakukan

Lebih bisa mengatur kondisi kelas.

11. Hal-hal yang akan saya lakukan pada pertemuan pembelajaran berikutnya

Belajar untuk menguasai kelas agar kelas berjalan lebih kondusif

12. Hasil utama (kesimpulan) yang saya peroleh dari refleksi ini

Dapat menentukan metode pembelajaran yang cocok dengan karakter siswa.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

ARITMETIKA 3 : BUNGA TUNGGAL, BRUTO, NETO, DAN TARA

SEGITIGA (2) GARIS-GARIS ISTIMEWA PADA SEGITIGA

GARIS DAN SUDUT (1)